Urgensi Promosi dalam Pengelolaan Apartemen

KonsPro (25/9) - KATA Promosi terasa sangat familiar karena sering kita dengar dimana-mana, sebab dalam bidang usaha apapun, Promosi merupakan aspek penting dalam memperkenalkan product knowledge, keunggulan dan perusahaan itu sendiri. Untuk itu ada baiknya kalau kita mengenal tujuan serta bentuk-bentuk Promosi, khususnya dalam pengelolaan apartemen.


Apa itu promosi?

Promosi adalah usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

Promosi dalam industri properti terbagi atas:

1. Promosi Pemasaran (Marketing Promotion), yang terdiri dari:

* Promosi Primary Market, ini biasanya dilakukan oleh developer untuk mempublikasikan apa yang     sedang dibangun dengan tujuan utama adalah penjualan unit. Promosi pemasaran ini biasanya dilakukan pada pra pembangunan.
* Promosi Pasar Secondary Market, biasanya  dilakukan untuk memasarkan lahan-lahan investasi pemilik dan pengembang, lahan idle dan lahan komersial pasca pemasaran, seperti: titik iklan (add Spot) dalam ruang (in-door) maupun luar ruang (out-door) pada lahan milik bersama dan sewa/menyewa apartemen maupun commercial space untuk iklan maupun ruang usaha. Promosi ini dapat dilakukan sejak pra pembangunan hingga pasca penjualan.

2. Promosi Pelayanan (Service Promotion).


Promosi ini dilakukan sudah dalam tahap pengelolaan lahan terhuni yang dilakukan dalam bentuk pelayanan. Selain dalam bentuk pelayanan pengelolaan yang baik dengan berbagai variannya, Service Promotion biasanya dikemas dalam suatu kegiatan atau acara maupun dengan pembuatan dekorasi thematic. Seperti contoh: mengadakan Misa dan mendekorasi untuk perayaan Natal, Berbuka Puasa Bersama dan dekorasi Lebaran, Imlek. Selain itu  bisa juga diwujudkan dalam bentuk penambahan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Untuk itu Service Promotion dapat juga di definisikan sebagai promosi jasa pengelolaan.

Tujuan dari Service Promotion ini adalah menyampaikan suatu bentuk pelayanan terhadap penghuni-penghuninya. Promosi ini sama pentingnya seperti Promosi Pemasaran yang berlomba-lomba menarik pembeli. Dalam promosi pelayanan ini pengelola memenuhi kebutuhan dari penghuni.

Dalam pengelolaan apartemen kegiatan promosi yang dilakukan bertujuan bukan untuk menjual produk tetapi memberikan pelayanan. Jadi dapat dikatakan bahwa Promosi = Pelayanan. Untuk  mengimplementasikan pelayanan dimaksud dari sisi pengelola harus memahami berbagai hal seperti:

* Siapakah Penghuni ?

Mengenali penghuni dari data demografis hunian yang menjelaskan segmen penghuni, tingkatan usia dan berbagai informasi lainnya. Yang perlu diperhatikan juga karakteristik dari penghuni secara global sebagai contoh: hunian yang dekat dengan pusat perbelanjaan umumnya adalah pemilik usaha jadi karakterisitiknya berbeda dengan hunian yang berada di tengah pusat perkantoran.

* Apa yang menjadi kebutuhan penghuni?


Tentunya data demografis suatu apartemen hunian juga sangat berkaitan erat dengan lokasi dan kelas apartemen hunian dimaksud. Jadi untuk pengelola yang mengelola apartemen di berbagai lokasi konsep promosi pelayanannya tentu akan berbeda.

Sebagai contoh: mengadakan lomba tingkat anak-anak pada perayaan kemerdekaan akan minim peminat jika diadakan di apartemen exclusive di pusat kota. Karena penghuninya mayoritas adalah eksekutif dan ekspatriat.  Jadi pengelola harus cukup melakukan analisa berdasarkan data-data demografis hunian, agar Service Promotion yang dilakukan bisa tepat guna dan tepat sasaran.

* Budget Promosi

Untuk dapat melaksanakan Service Promotion, pengelola tentunya harus mengalokasikan anggaran promosi tahunan (annual budget). Anggaran Service Promotion tentunya tidaklah sebesar Marketing Promotion dan tidak harus dengan angka yang fantastis pula.

Dari sisi promosi tentunya anggaran ini bukan merupakan “biaya terbuang” tetapi ini harus dilihat sebagai “investment” sama seperti pembelian pipa oleh departemen engineering atau pembelian pupuk oleh departemen House Keeping. Yang mana semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan pelayanan dan kepuasan intangible kepada para penghuni.  Dari kepuasan tersebut akan menghasilkan suatu return yang berkelanjutan bagi pengelola.

Demikian paparan tentang Promosi dalam Pengelolaan apartemen, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, khususnya untuk para profesional property management. (Penulis: Ricki Yoserizal, Praktisi Property Management. Sumber: Bulletin Inner City)

 

Add comment


Security code
Refresh

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertorial

Topik :
Real Estate
Promosikan Iklan anda dengang text Ads di konsumenproperti.com.

Perumahan Indah
Perumahan Indah dengan taman yang mempesona

Ads by KonsumenProperti

Home | Liputan Khusus | Konsultasi | Komplain | Residensial | Komersial | Bisnis terkait | Infrastruktur
Pembiayaan | Figur | Sengketa | Kolom | Tips | Redaksi | Regulasi | Editorial | Iklan Kolom| Umum | Advertorial